BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Sabtu, 19 Oktober 2013

TUGAS 1 (PSTING 1 MINGGU KE-3 DAN KE-4)



POSTING 1

1.      Apa yang dimaksud pengambilan keputusan ...??

Jawab: Pengambilan keputusan dapat dianggap sebagai suatu hasil atau keluaran dari proses mental atau kognitif yang membawa pada pemilihan suatu jalur tindakan di antara beberapa alternatif yang tersedia. Setiap proses pengambilan keputusan selalu menghasilkan satu pilihan final. Keluarannya bisa berupa suatu tindakan (aksi) atau suatu opini terhadap pilihan.
2.      Sebutkan dan jelaskan tahapan2an dlm pengambilan keputusan.?
Jawab:
a.      Tahap identifikasi
Tahap ini adalah tahap pengenalan masalah atau kesempatan muncul dan diagnosis dibuat. Sebab tingkat diagnosis tergantung dari kompleksitas masalah yang dihadapi
b.      Tahap pengembanga
 Tahap ini merupakan aktivitas pencarian prosedur atau solusi standar yang ada atau mendesain solusi yang baru. Proses desain ini merupakan proses pencarian dan percobaan di mana pembuat keputusan hanya mempunyai ide solusi ideal yang tidak jelas
c.      Tahap seleksi
Tahap ini pilihan solusi dibuat, dengan tiga cara pembentukan seleksi yakni dengan penilaian pembuat keputusan : berdasarkan pengalaman atau intuisi, bukan analisis logis, dengan analisis alternatif yang logis dan sistematis, dan dengan tawar-menawar saat seleksi melibatkan kelompok pembuat keputusan dan semua manuver politik yang ada. Kemudian keputusan diterima secara formal dan otorisasi dilakukan.
3.      Sebutkan dan jelaskan pendekatan2an etika bisnis dalam pengambilan keputusan.?
Jawab:
a.      Pendekatan stakeholder
Adalah pendekatan baru yang banyak digunakan khususnya dalam etika bisnis.
b.      Pendekatan bermanfaat
Pendekatan bermanfaat(utilitarian approach), yang dudukung oleh filsafat abad kesembilan belas ,pendekatan bermanfaat itu sendiri adalah konsep tentang etika bahwa prilaku moral menghasilkan kebaikan terbesar bagi jumlah terbesar.
c.      Pendekatan individualisme
Pendekatan individualisme adalah konsep tentang etika bahwa suatu tindakan dianggap pantas ketika tindakan tersebut mengusung kepentingan terbaik jangka panjang seorang indivudu.

4.      Apa yang kalian ketahui mengenai penghunaan pohon keputusan sebagaj pendukung dalam proses pengambil keputusan. (gambarkan) sertakan contohnya.?
Jawab:
Model ini merupakan suatu diagram yang cukup sederhana yang menunjukkan suatu proses untuk merinci masalah-masalah yang dihadapinya kedalam komponen-komponen, kemudian dibuatkan alternatif-alternatif pemecahan beserta konsekuensi masing-masing. Dengan demikian, maka pimpinan tinggal memilih alternative mana yang sekiranya paling tepat untuk dijadikan keputusan. Pohon keputusan ini biasanya dipergunakan untuk memecahkan masalah-masalah yang timbul dalam proyek yang sedang ditangani.
Diagram pohon itu sangat bermanfaat bagi tim yang mengadakan analisi masalah untuk kemudian dipecahkan bersama-sama dalam tim itu karena masalahnya dan pemecahaanya saling berkaitan. Tanpa bantuan anggota tim lainnya masalah yang begitu kompleks tidak akan dapat dipecahkan.
Diagram Pohon Keputusan :
yaitu gabungan dari simpul keputusan dan simpul kejadian tak pasti.
Tujuan pembuatan Diagram Pohon Keputusan adalah untuk membantu seorang pemimpin dalam mengambil / menetapkan suatu keputusan. Cara Penggambaran Diagram Pohon Keputusan :
Untuk memahami pembuatan diagram pohon keputusan kita dapat memperhatikan contoh dibawah ini :
Pada contoh sebelumnya mengenai permainan Lotere, dapat kita kembangkan menjadi diagram pohon keputusan dengan menambahkan syarat atau ketentuan permainan. Misal :
> Jika ingin bermain Lotere Koin atau Uang pemain harus membayar Rp 1.000,-
> Pada permainan Lotere Koin Uang, ketentuannya:
  * jika saat pelemparan muncul Gambar maka pemain dapat Rp 2.000,-
  * jika saat pelemparan muncul Gambar maka pemain tidak dapat apa” (Rp 0,-)
> Pada permainan Lotere Dadu, ketentuannya:
  * jika saat pelemparan muncul Angka 1 maka pemain dapat Rp 1.000,-
  * jika saat pelemparan muncul Angka 2 maka pemain dapat Rp 0,-
  * jika saat pelemparan muncul Angka 3 maka pemain dapat Rp 2.000,-
  * jika saat pelemparan muncul Angka 4 maka pemain dapat Rp 0,-
  * jika saat pelemparan muncul Angka 5 maka pemain dapat Rp 0,-
  * jika saat pelemparan muncul Angka 6 maka pemain dapat Rp 3.000,-
Maka kasus diatas dapat dibuat diagram pohon keputusannya sebagai berikut …

Untuk mempermudah memahami kondisi dari kasus tersebut maka kita dapat mebuat tabel sebagai berikut ;
  Permainan Lotere Koin Uang :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgfj0XANPU-GL2cNulW4XMTZQxYDtYRs9HHqdefOPpUBBKGMqXcGiKPFPBoYjth51khdJ6xwVbJ-ZIkcZxbDHV8-yZhpTRDCd3nTpYtytKSaBtce7lX45-x7OcsV29UXH3bgPZWVrXdWMI/s200/4.JPG
  Permainan Lotere Koin Uang :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgCUa0oQp_kcqbYqg4R6Zj5Othsp67TUtcDRCevM3htOR4QTde1Lp5KSp0GlYu5dqZmSeOJhzqgb0sM_586jcpQap0raUHi7wtCfUP5Rx_Qkzxk7s0seQyX3_RpvoQOwUOxge5VMN8vn_E/s320/5.JPG

Pemain dipersilakan memilih !?
  dengan membayar Rp 1.000,-
Maka Diagram Pohonnya Sbb :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhO5SOi3gYmTPCOjMIaqozu8cdSX2C3qRO17NwuyDErlJw2eIWskTG3PbgzKHaJPc8iRPDsNeCh35T6Z3_L4r4fYZXUDK50y1-pTloeVZ09Oh7xJSbxQtAM0k7rSUrWA2ufeb90t2p5fz4/s400/6.JPG


Cara Penggambaran Diagram Keputusan :
1. Identifikasi Masalah
  Dalam menghadapi suatu situasi pengambilan keputusan, terdapat dua komponen yang perlu diidentifikasikan terdapat masalah tersebut yaitu :
   1. Alternatif keputusan, yaitu membuat daftar kmungkinan tindakan yang harus dilakukan.
   2. Peristiwa (events), yaitu membuat daftar semua kemungkinan peristiwa setelah pngambilan keputusan. dalam daftar tersebut, termasuk semua kemungkinan yang relavan.
2. Membuat PAYOFF
    Setelah kita mengidentifikasikan alternatif keputusan dan peristiwa, kegiatan selanjutnya adalah membuat “payoff” untuk setiap pasangan keputusan dan peristiwa.
    Payoff adalah sekumpulan hasil (benefits) yang diperoleh jika keputusan benar-benar dilaksanakan dan  peristiwa betul-betul terjadi.
      Payoff biasanya digambarkan dalam bentuk tabel seperti berikut :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjZXfPylQhBq3p6uJt19cKhf3qh71a7X290TQNBrML3aH4S9E4IZSD3wudJztgX5dzj7qEYIkWZjH7gwwN2afS8v-2348E4l0Ur4jjNTjFl0MMr5i9NMYHQ-dOaOzygeWwTV4xRQ3-niTw/s320/7.JPG
Untuk menetapkan nilai dari Payoff dapat dilihat dari nilai ekspetasi yang ditargetkan, dapat berupa maximum atau minimum.
Nilai yang ada pada tabel payoff manggambarkan hasil dari keputusan yang akan dijalankan, walau tidak bersifat mutlak.
Nilai harapan variabel obyektif untuk pilihan yang ditentukan disebut payoff yang
diharapkan. (Max atau Min).
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiMeN1mZLMp34ZC_gV4k-o7nlR3_WYJGFy9QnhpyCOC07rXkg_ENzsVh8jYgxZafYb0_e_25gMWb1LAJUej1KhSm0isyfdcZCIsUqcfD7fBfFJ6D7coaQu0TwzFXrKnWsL3ud1Uo764Bng/s400/8.JPG

0 komentar: