BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Selasa, 18 Oktober 2011

DIET UNTUK PENYAKIT JANTUNG KORONER

DIET UNTUK PENYAKIT JANTUNG KORONER

            Dalam dunia kedokteran saat ini penyakit jantung masih merupakan topik penting yang selalu dibahas dan diperdebatkan baik dari segi medis maupun dari segi pengobatannya. Data dari Negara maju menyatakan bahwa penyakit jantung merupakan sebab kematian utama di negara tersebut. Beberapa penyelidik mengemukakan bahwa kasus penyakit jantung ini berhubungan erat dengan faktor-faktor sosial ekonomi di negara tersebut.
            Fungsi utama dari jantung yaitu memompa darah bersih ke seluruh tubuh dan menerima darah kotor yang kembali setelah dipergunakan oleh tubuh. Jantung adalah alat tubuh manusia yang bergerak dan hidup paling awal dan berhenti bergerak paling akhir. Jantung bayi mulai berdenyut dalam masa kehamilan 24 minngu. Berat jantung pada manusia terdapat kurang lebih 5 liter darah yang terus menerus mengalir ke seluruh tubuh. Jantung berdenyut dalam keadaan istirahat kurang lebih 70 kali setiap menit.
A.      Menurut Penyebabnya Ada Beberapa Macam Penyakit Jantung
-          Kelainan bawaan
-          Karena infeksi seperti penyakit endo karditis dan reumatik
-          Gangguan metabolik seperti beri-beri dan tyroid
-          Penyakit jantung koroner
-          Penyakit jantung paru
-          Gangguan fungsional seperti penyakit decompenatio cordis
Pada uraian selanjutnya akan diterangkan mengenai penyakit jantung koroner. Penyakit ini erat sekali hubungannya dengan makanan, terutama lemak makanan. Penyakit jantung koroner timbul sebagai akibat cara hidup yang kurang baik sehingga terjadi penyempitan pembuluh darah (Koroner). Sewaktu-waktu pembuluh darah dapat tersumbat sekaligus dan pada saat itu terjadi serangan jantung tiba-tiba.
 Pengertian Koroner adalah pembuluh darah pada jantung yang berfungsi memberikan darah ke otot jantung. Penyakit jantung koroner adalah penyakit yang disebabkan oleh ketidak seimbangan antara aliran darah arteri dengan kebutuhan otot jantung.



B.      Penyakit Jantung Koroner dapat di bedakan atas beberapa macam penyakit ialah:
-          Atherosklerosis
Atherosklerosis merupakan penyakit pembuluh darah. Pada penyakit ini terjadi penyimpangan sedikit demi sedikit pembuluh darah nadi, sebagai akibat penimbunan lemak, fibrin dan kalsium pada dinding pembuluh darah dari pembuluh darah nadi.

-          Angina Pektoris
Gejala utama Agina Pektoris adalah rasa nyeri pada dada secara mendadak, yang timbul akibat aliran darah ke otot jantung kurang cukup. Akibatnya terjadi penumpukan asam laktat pada otot jantung yang kekurangan oksigen. Keadaan ini merangsang ujung saraf, sehingga mengakibatkan rasa nyeri di dada. Angina Pektoris dapat pula disebabkan karena Atherosklerosis.

-          Myocardium Infark
Myocardium Infark disebabkan oleh penyumbatan pada pembuluh darah koroner yang sudah mengalami penyempitan karena atherosklerosis. Apabila pembuluh darah tersumbat seluruhnya, maka pemberian oksigen dan zat makanan ke jantung tidak dapat berlangsung. Keadaan ini dinamakan infrak jantung atau kekakuan jantung, dan bagian otot yang terkena akan mati.

Gejala umum penyakit jantung koroner antara lain :
-          Rasa nyeri yang sangat mendadak pada dada kiri
-          Menjalar ke punggung kiri, lengan atau geraham
-          Tekanan darah pasien biasanya menurun
-          Sehingga pasien dapat pingsan secara mendadak
-          Suhu badan diatas normal
-          Berkeringat

Faktor Penyakit ini dapat timbul karena :
-          Umur
-          Jenis Kelamin
-          Suku bangsa
-          Gangguan Endoktrin atau metabolik
-          Gangguan kejiwaan
-          Penyakit Hipertensi
-          Penyakit Kantong empedu
-          Penyakit Sindrom nephrotic.
Faktor Lainnya adalah sebagai berikut :
-          Merokok
-          Memakan makanan yang berkolesterol secara berlebihan

Syrat-syarat Diet yang akan diberikan adalah sebagai berikut :
-          Kalori disesuaikan dengan keadaan penyakitnya. Biasanya diberikan 30 kalori per kg berat badan antara 1000-1500 kalori perhari
-          Protein 0,5-1 gram per kg berat badan
-          Lemak 20% dari jumlah pemberian kalori dan ddua per tiga dari jumlah lemak harus berasal dari lemak yang tak jenuh
-          Kolesterol, yang merupakan salah satu dari lemak yang berasal dari makanan ataupun dapat dibuat oleh tubuh dalam jaringan hati. Bila terjadi penimbunan kolesterol dalam tubuh, maka jumlah kolesterol dalam makanan yang diberikan dikurangi, dan jumlah lemak yang harus disesuaikan.
-          Bahan makanan yang megandung kolesterol : kuning telor, daging, udang, kerang, minyak ikan, keju, susu.
-          Lemak Jenuh : Lemak sapi, Lemak kambing, susu, krim, keju, mentega.
-          Lemak tak Jenuh : Minyak Kacang tanah, Minyak biji bunga matahari, Minyak kapas, Minyak jagung dan Minyak kacang kedele

Daftar Pustaka :
Dr,H.Agus Krisno Budianto,M.Kes,. 2001,2002,2004,2009. Dasar-Dasar Ilmu Gizi.Malang.
jl.Raya Tlogomas No.246

0 komentar: